Polsek Gunung Jati Polres CIKO: Pencanangan Kampung tangguh atau Lembur Tohaga Lodaya, Desa Adi Dharma

POLRES CIKO – Dalam rangka Hari Bhayangkara, Polres Cirebon Kota Mengunjungi Kampung Tangguh Lembur Tohaga Lodaya, di Kampung Adi Dharma Desa Adi Dharma Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Hal ini untuk menumbuhkan ketahanan pangan serta memperkuat masyarakat dalam mencegah penularan covid-19.

Diinformasikan Kapolsek Gunung Jati AKP Maman Suherman bahwa “Kunjungan Wakapolres Cirebon Kota Kompol Ali Rais Ndraha, SH, S.I.K, dalam rangka Pencanangan Kampung Tangguh/Lembur Tohaga Lodaya di kawasan Kampung Pangan RW 05 Adi Darma Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon” Rabu (01 Juli 2020) Pkl 10.15 s/d 11.30 WIB.

Hadir dalam giat tersebut Wakapolres Cirebon Kota Kompol Ali Rais Ndraha, SH, S.I.K, Kapolsek Gunung Jati AKP Maman Suherman, Danramil 2001 Gunung Jati Kapten Arh Jumadi, Wakapolsek Polsek Gunung Jati Iptu Hayat, Kanit Reskrim Polsek Gunung Jati Iptu Wawan Hermawan, Kanit Lalu Lintas Polsek Gunung Jati Ipda Cepy Muldiyan, Kanit Patroli Ipda Purwanto, Camat Gunung Jati Drs H Kusdiono, Kasi Humas Polres Cirebon Kota Iptu Ngatidja, SH, MH, Kanit Binmas Polsek Gunung Jati Aiptu Nuryanti R, Humas Polsek Gunung Jati Aiptu Retno, Kuwu Desa Adidarma Sdri. Nani, S.Pd, Bhabinkamtibmas Desa Adidarma Aiptu Subanarto, SH, Babinsa Desa Adidarma Koptu Tausin, Pemilik budidaya ikan Sdri. Gina Firda Widayanti RT 01 RW 02 Desa Adidarma Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, dan Pemilik budidaya tanaman Hidroponik Sdr. Oki Wibowo RT/RW 001/004 Desa Adidarma Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon serta Warga masyarakat RW 05 Adidarma Kecamatan Gunung Jati sekitar 30 orang.

Kasubag Humas Polres Cirebon Kota menyampaikan bahwa “Dalam kata sambutan dari Wakapolres Cirebon Kota mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Desa Adidarma sebagai Program Pencanangan Kampung Tangguh/Lembur Tohaga Lodaya yang konsepnya adalah sebagai kegiatan bahwa melalui Program Kampung Tangguh/Lembur Tohaga Lodaya bisa mencegah atau memutuskan mata rantai dari Covid-19.

“Tujuan Kampung Tangguh/Lembur Tohaga Lodaya adalah secara kesehatan jasmani dan rohani bisa menghadapi dan mencegah tehadap pandemi Covid-19 dengan cara mencatat mengatur keluar masuknya warga menyediakan isolasi mandiri tujuannya untuk saling membantu sesama warga dan secara sosial ekonomi dengan cara apabila kampung ini mempunyai bahan makanan siap saji atau tanaman hidroponik dan makanan yang bisa langsung dimanfaatkan oleh warga.” Papar Iptu Ngatidja, SH, MH.

Secara keamanan adalah siskamling diadakan kembali dengan dibantu anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa, kemudian informasi dan kreatifitas diberikan secara inovatif atau upaya – upaya ide atau pun masukan atau berpartisipasi dalam mewujudkan Kampung Tangguh/Lembur Tohaga Lodaya.

“ Pencanangan kampung tangguh atau Lembur Tohaga Lodaya merupakan program Kapolri dalam rangka percepatan pemulihan situasi perekonomian pada masa pademi corona virus disease Covid-19. Adapun sektor pertanian berupa jenis tanaman yang dikembangkan adalah Tomat, Cabe, Bayam, Kangkung, Kacang panjang, Toga (Tanaman Obat Keluarga), Buah-Buahan, dan lainnya. Di sektor perikanan antara lain Ikan Nila, Ikan Gurame.” Terang nya.

“Hasil panen ini rencananya akan disalurkan, disediakan dan dinikmati ke beberapa Masyarakat yang mebutuhkan dan bisa membantu masyarakat sehingga bisa bermanfaat untuk seluruh Masyarakat dalam mengahadapi ketahanan Pangan dimasa Pandemi Covid 19 ini.” Pungkas Iptu Ngatidja, SH, MH