Kapolsek Utbar Kompol H. Suwitno Launching Kampung Tangguh/Lembur Tohaga Lodaya Kawasan Kampung Pangan Lestari dan Hijau (KPLH) Di Kecamatan Kesambi Ciko

POLRES CIKO – Pencanangan Kampung Tangguh/Lembur Tohaga Lodaya di RW 01 Karang Anyar Kelurahan Kesambi Kecamatan Kesambi Kota Cirebon tersebut untuk mendorong masyarakat agar masyarakat bisa meningkatkan gotong royong, ketahanan pangan, dan membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, keberadaan Kampung Tangguh juga sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19.

Diinformasikan Kapolsek Cirebon Utara Barat Kompol H. Suwitno, SH, MH bahwa pada hari Rabu, 01 Juli 2020 melaksanakan Launching Kampung Tangguh Lodaya Kawasan Kampung Pangan Lestari dan Hijau (KPLH) Di RW 01 Karang Anyar Kelurahan Kesambi Kecamatan Kesambi Kota Cirebon.

Hadir dalam giat tersebut Kapolsek Cirebon Utara Barat Kompol H. Suwitno, SH, MH, Danramil Kesambi Kapt. Inf. Sugeng, Camat Kesambi Subrata, S. Sos, MM, Lurah Kesambi Rahmat Sulaeman SH, PJU serta seluruh personil Polsek Cirebon Utara Barat, Bhabinkamtibmas Se Kecamatan Kesambi, Babinsa Se Kecamatan Kesambi, Kepala Puskesmas, LPM dan RW Kelurahan Kesambi, Warga masyarakat RW 01 Karang Anyar Kel. kesambi sekitar 30 orang.

Kasubag Humas Polres Cirebon Kota Iptu Ngatidja menyatakan bahwa “Dalam Launching Kampung Tangguh/ Lembur Tohaga Lodaya “Kawasan Kampung Pangan Lestari dan Hijau (KPLH) RW 01 Karang Anyar Kelurahan Kesambi Kecamatan Kesambi Kota Cirebon ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bapak Kapolsek Utbar serta pemberian piagam pencanangan kampung tangguh dari Bapak Kapolres Cirebon Kota AKBP Syamsul Huda, S.I.K, SH, M.Si.”

“Setelah Launching Kampung Tangguh/ Lembur Tohaga Lodaya Kapolsek Utbar dilanjutkan sambutan dari Camat Kesambi Subrata, S.Sos, MM menyampaikan “Pertama tama kami ucapkan Selamat Hari Bhayangkara kepada Kepolisian RI yang ke 74 semoga semakin jaya, Kamtibmas kondusif, Masyarakat semakin produktif. Dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan bahwa saat ini Kita mulai mebiasakan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru). Semoga Program Kampung Tangguh/ Lembur Tohaga Lodaya ini dapat berkembang dan dapat diikuti di seluruh kelurahan dan Kecamatan Kesambi. Kampung Tangguh/ Lembur Tohaga Lodaya RW 01 Karang Anyar Kelurahan Kesambi Kecamatan Kesambi adalah bagian dari penilaian program Kota Sehat.
.” Pungkas Iptu Ngatidja.

Sambutan Ketua Kampung Tangguh/ Lembur Tohaga Lodaya RW 01 Karang anyar Anas Hasan bahwa “Program Kampung tangguh Lodaya telah lama terlaksana sejak Januari 2020 sudah dimulai dengan nama Ruang Terbuka Hijau yang terdiri dari Bank Sampah dan komposing beetempat di sebidang tanah di Jalan Karang Anyar.

“Kampung Tangguh Lodaya RW 01 Karang anyar (dulu bernama RTH Flamboyan) sering menjadi percontohan di tingkat kecamatan dan Kota Cirebon sebagai area terbuka hijau yang menyediakan beberapa kebutuhan masyarakat yang dapat dimanfaatkan seperti bank sampah yang mengelola sampah untuk di daur ulang menjadi kerajinan tangan dan komposing yang diolah menjadi pupuk, harapan kami selaku pengurus KTL, agar masyarakat mandiri dalam penanganan Covid-19.”