Kapolres Cirebon Kota Polda Jabar Tinjau Banjir Blok Pagertoya Desa Suranenggala Kulon

Musim hujan saat ini kian tak menentu, seperti yang terjadi sejak kemarin malam hingga pagi mengguyur wilayah Cirebon menyebabkan wilayah Blok Pagertoya Desa Suranenggala Kulon Kec. Suranenggala Kab Cirebon mengalami banjir pada pemukiman rumah warga.

kapolsek kapetakan melaporkan adanya pemukiman warga yang terendam air yaitu di blok Pager Toya RT.RW. 01.05. Desa Suranenggala Kulon, Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy  SH S.Ik M.Pict M.Iss bersama Unsur Muspida Cirebon warga yang terendam sejak jam 04.00 wib, Kamis ( 06.02.2020 )

 dari data awal sementara rumah yang kemasukan air diperkirakan sekitar 50 rumah dengan ketingian air rata-rata 20 hingga 40 cm yang diakibat luapan air sungai winong dan sungai sawo jajar.

Lanjutnya hal ini dikarenakan adanya peningkatan volume debit air dari sungai Winong yang mendapatkan kiriman air dari sungai panguragan ditambah hujan yang cukup lama mengguyur, sehingga kapasitas sungai winong tidak dapat menampung sehingga air meluap dan merendam pemukiman warga sekitar. Ungkapnya

Namun tadi saya lihat camat, kapolsek, danramil, serta pemerintah desa sudah melakukan evakuasi dan menangani warganya. Yaitu melakukan upaya tambal tanggul atau membuat penahan banjir di sungai winong tersebut agar air tidak meluap lebih tinggi. Jelas  AKBP Roland

Dalam kesempatan itu dilokasi banjir. Kapolres menghimbau ” kepada masyarakat yang rumahnya dekat sungai agar waspada dengan adanya banjir yang di kawatirkan air sungai tersebut terus meluap,” pungkasnya.

Pihak Polres Cirebon Kota Terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna mencari solusi atas dampak banjir yang melanda pemukiman penduduk khususnya blok Pagertoya untuk tempat pengungsian.

Dari dampak banjir tersebut tidak ada korban jiwa namun hanya kerugian materi akan barang-barang yang mengalami rusak diakibatkan kebajiran.