Sat Reskrim Polres Cirebon Kota Ungkap Penipuan Dengan Modus Hipnotis

Satuan Reserse Kriminal Polres Cirebon Kota berhasil melakukan pengungkapan penipuan dengan modus hipnotis yang terjadi di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Diungkapkan Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid AB, S.Ik, M.Hum, M.S.M melalui Kasat Reskrim AKP Galih Wardani, S.Ik saat menggelar press release, Senin (20.11.2017) di Mapolres Cirebon Kota mengungkapkan bahwa dari hasil pengungkapan kami amankan 3 orang dan sudah kami tetapkan sebagai Tersangka diantaranya AK, YS dan SW yang merupakan warga Jakarta.

Dari tangan tersangka, petugas juga mengamankan beberapa barang bukti diantaranya handphone, ID Card palsu, kartu nama, uang pecahan rupiah palsu dan mata uang asing asli dan palsu, namun dalam hal ini kami masih melakukan penyelidikan akan keasliannya terkait mata uang asing, jelasnya.

Modusnya para tersangka yaitu berbeda-beda yaitu SW berperan sebagai orang asing warga negara brunai mencari korbannya dengan berpura-pura menanyakan alamat dan selanjutnya datang YS yang berpura-pura mengetahui alamat tersebut dan setelah masuk kedalam mobil pelaku menawarkan uang asing namun berpura-pura bingung untuk menukarnya dimana yang selanjutnya meminta korban untuk menukarkan mata uang asing yang penting penukarannya kursnya tidak berbeda jauh, dan saat itu juga AK datang yang berpura-pura sebagai karyawan bank, setelah korban sudah diambil uangnya baru dibawa keliling kota yang selanjutnya korban dibawa ketempat sepi selanjutnya pelaku menyuruh korban untuk membeli sesuatu dan para pelaku langsung melarikan diri.

Atas kejadian tersebut untuk di Kota Cirebon terdapat dua orang korban yakni Siti Jaroh dan Teti dengan kerugian sebesar 28 Juta Rupiah dan sekiar BNI Ciremai sekitar 45 Juta rupiah.

Para pelaku dijerat pasal 378 KUH-Pidana dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 10 tahun penjara, jelas AKP Galih.