Jaga Ketertiban Lalu Lintas, TNI-POLRI Bersihkan Sampah Yang Menumpuk Pada TPSS

Menyikapi akan permasalahan sampah yang dari beberapa hari yang lalu semakin menumpuk pada Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) yang berada di wilayah Kota Cirebon bahkan sampai dengan menutup sebagian jalan raya yang sangat berdampak pada ketertiban dijalan raya dan juga kesehatan, Kepolisian Resor Cirebon Kota bersama dengan Kodim 0614 Kota Cirebon melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah, Rabu (05.09.2018) di salah satu TPSS Kesambi Kota Cirebon.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy, SH, S.Ik, M.Pict, M.Iss didampingi Dandim 0614 Kota Cirebon Letkol Heri Rustanto menjelaskan bahwa yang pertama hal ini tergerak dari sisi kemanusiaan, kedua demi ketertiban di jalan raya karena beberapa hari belakangan kita lihat sampah banyak berserakan.

Dalam hal ini juga kami sudah koordinasikan dengan DLH atas apa yang menjadi penyebabnya dan mengapa permasalahan sampah bisa seperti ini karena kalau dibiarkan tidak baik Kesehatan dan juga tidak baik dengan ketertiban lalu lintas di jalan raya, tegasnya.

Sementara Dandim 0614 Kota Letkol Heri Rustanto menyampaikan memang tadi malam kita bicarakan bersama Kapolres Cirebon Kota karena yang urgent akan permasalahan di Kota Cirebon ini adalah sampah karena sudah beberapa hari kebelakang terdapat tumpukan sampah. Dalam hal ini kami merasa malu walaupun kita bukan orang cirebon asli.

Heri juga mengajak kepada masyarakat mari kita budayakan bersih, namun dalam hal ini ada indikasi pelaku usaha ini juga ikut membuang sampah di TPSS sehingga terjadi seperti ini karena yang sebenarnya peruntukan TPSS ini untuk sampah rumah tangga, bukan perusahaan, ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon Abdul Syukur mengatakan terima kasih kepada Polres Cirebon Kota dan Kodim terhadap masalah persampahan di Kota Cirebon. Seperti yang pernah kami sampaikan hal ini berawal perubahan system anggaran yang menyebabkan sehingga terjadi keterlambatan karena kebetulan jatuh hari Sabtu-Minggu (hari libur) dan akhirnya terjadi overload penumpukan sampah pada jumat, sabtu, minggu.

Kami juga merasa heran kalau lihat dari komposisi warga tidak sebanyak ini, namun demikian sebagai langkah antisipasi kami royok pada setiap TPSS. Tapi kembali lagi seperti benar yang disampaikan Kapolres bahwa harus ada upaya-upaya khusus untuk menangani permsalahan sampah ini. Kedepan kami akan juga akan mengevaluasi kembali managemen dalam hal penanganan sampah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*